Sunday 25 May 2014

MENCEGAH KEBOTAKAN

Mencegah Kebotakan. Rambut adalah salah satu lambang kejantanan pria masa kini. Pria dengan rambut tebal dan sehat akan memiliki kesan jantan dan macho.

Sebaliknya, pria dengan rambut jarang atau botak, terkesan kurang maskulin. Memang pendapat itu bersifat relatif, tetapi kita semua yakin bahwa setiap pria pasti tidak ingin mengalami kebotakan apalagi di usia yang masih muda.
Kebotakan atau alopecia adalah keadaan di mana tidak adanya pertumbuhan rambut sementara atau permanen. Biasanya diawali kerontokan rambut berkepanjangan, bisa lebih dari 100 helai rambut perhari. Bisa terjadi menyeluruh atau di sebagian kulit kepala. Faktor genetiklah yang berperan besar dalam hal ini.

Namun, Anda tidak bisa selamanya menyalahkan faktor genetis, karena ada faktor lain yang menjadi penyebab kebotakan sesuai dengan kelompoknya.
Male Pattern Hair Loss
Biasa disebut androgenetic alopecia, merupakan tipe kebotakan yang paling sering dialami pria. Rendahnya kadar hormon testosteron adalah penyebabnya. Tepatnya DHT (dihydrosterone). Cirinya, kebotakan dimulai dari depan atau puncak kepala. 20 persen kebotakan jenis ini dialami di usia 20-40 an.

Alopecia Reata
Kebotakan sebagian yang biasanya disebabkan faktor imunologi, infeksi jamur, luka yang menyebabkan scarring atau radiasi.

Medicine Side Effect
Kerontokan berat yang disebabkan obat-obatan, sembuh dari sakit, stres fisik & psikis, diet tidak sehat dan minim asupan multivitamin.
Sejatinya pemakaian gel atau spray tidak menyebabkan kerontokan, demikian pula pemakaian topi. Hanya harus dipastikan kebersihan rambut tetap terjaga.
Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari rambut rontok, antara lain:

Jagalah kebersihan rambut dengan rajin mencuci rambut
Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut
Pola makan sehat dengan nutrisi lengkap & seimbang
Hindari stres fisik & psikis
Segera berkonsultasi dengan pakar kesehatan jika terjadik kerontokan rambut lebih dari 100 helai perhari.
Share:

Featured

Like Us

BTemplates.com

Recent

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Featured

Comments

Popular